Oil Clinic On-Site untuk PT BUMA: Analisis Oli dalam 15 Menit

Kamis, 25 Jul 2024 | 48 views   77 likes


TABALONG - Sebagai salah satu upaya dalam memberikan layanan purna jual terbaik bagi konsumen, Pertamina Lubricants menggelar kegiatan Commissioning dan Training Unit Microlab for Used Oil Analysis Program pada 25 Juli 2024 di PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) di site Adaro-Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan. Hal yang menarik perhatian dari agenda ini adalah ketika Pertamina Lubricants memfasilitasi Oil Clinic on-site sebagai salah satu program predictive maintenance untuk PT BUMA, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan operasional.

 

Dengan adanya minilab ini, waktu analisa oli yang sebelumnya membutuhkan waktu 5 hari kini bisa dipangkas menjadi hanya 15 menit. Hal ini sangat membantu tim maintenance PT BUMA site ADT untuk dapat mengetahui kondisi oli dan equipment lebih dini sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin dan alat berat.

 

Tidak hanya itu, sebelum dapat mengoperasikan minilab ini, tim PT BUMA telah menjalani pelatihan mendalam dari tim Laboratorium Oil Clinic. Dengan bekal pelatihan ini, PT BUMA siap memaksimalkan penggunaan fasilitas ini untuk mendukung operasi mereka.

 

Setelah sukses melaksanakan training dan commissioning di BUMA site ADT, Pertamina Lubricants juga menggelar training serupa serta memfasilitasi Oil Clinic on-site di BUMA site Sungai Danau Jaya (SDJ)-Tanah Bumbu, kalimantan Selatan.

 

Kerja sama ini mendapat apresiasi dari manajemen BUMA, yang terlihat dari kunjungan Direktur Utama BUMA, Bapak Indra Dammen Kanoena, didampingi oleh PJO BUMA site ADT, Bapak Amudi Surdin ke Ruang Minilab Oil Clinic saat kunjungan mereka ke workshop BUMA site ADT. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyatakan harapannya agar fasilitas minilab ini menjadi success story dalam upaya optimalisasi Pertamina Lubricants di BUMA, khususnya di site ADT.

 

Pertamina Lubricants dan PT BUMA berharap kolaborasi ini terus berkembang dan menghasilkan lebih banyak inovasi kedepannya, sehingga kedua perusahaan siap untuk menghadapi tantangan di dunia industri yang semakin maju.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas