Langkah Strategis dan Progresif Pertamina Lubricants Menuju Dekarbonisasi

Jumat, 05 Jul 2024 | 42 views   29 likes


GRESIK - Pertamina Lubricants telah memiliki Corporate Growth Strategy di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2022 – 2026 yang melandasi kegiatan transformasi untuk menciptakan pertumbuhan dan mendukung sustainability business. Hal ini termasuk menjalankan program dekarbonisasi yang menjadi salah satu langkah untuk mendukung bisnis perusahaan dan pencapaian target kontribusi nasional dalam pengendalian emisi gas rumah kaca.

 

Secara konsisten, Pertamina Lubricants terus menghadirkan inovasi produk pelumas industri yang mendorong produktivitas dan efisiensi operasional penggunaan mesin dan alat berat. Dengan beragam terobosan ini, perusahaan juga harus mampu berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon dalam proses produksi sehingga nantinya akan mendukung program 2026 Zero World Emission dan Net Zero Carbon Emissions.

 

Saat ini telah terbentuk Tim Penyusunan Program Dekarbonisasi di lingkungan Pertamina Lubricants yang melibatkan seluruh fungsi terkait. Pertamina Lubricants yang dibantu oleh external consultant, yakni Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri - Institut Teknologi Bandung (LAPI-ITB), optimis mampu mewujudkan program dekarbonisasi yang baik untuk menunjang misi keberlanjutan di lingkungan Pertamina Group.

 

Dekarbonisasi adalah proses mengurangi emisi karbon dioksida (CO²) dan gas rumah kaca lainnya ke atmosfer, dengan tujuan mengurangi dampak perubahan iklim. Proses ini sering melibatkan penggantian sumber energi berbasis fosil, seperti batu bara dan minyak, dengan sumber energi yang lebih bersih dan terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan hidroelektrik. Selain itu, dekarbonisasi juga mencakup peningkatan efisiensi energi, penggunaan teknologi yang lebih bersih, dan implementasi praktik-praktik yang ramah lingkungan dalam berbagai sektor industri.

 

Program dekarbonisasi yang saat ini sedang dilaksanakan adalah penyusunan data carbon baselining (scope 1 s.d 3) dan selanjutnya akan dibuat program dekarbonisasi untuk scope 1 dan 2 yang nantinya akan diimplementasikan di wilayah operasi kerja perusahaan.

 

Pada 4 - 5 Juli 2024 lalu telah dilakukan diskusi dan kunjungan lapangan ke Production Unit Gresik (PUG) dan DSP Pasar Turi dalam rangka melakukan verifikasi data untuk penyusunan carbon baselining. Selanjutnya akan dilakukan kunjungan lapangan ke Production Unit Cilacap (PUC) dan DSP Cilacap pada akhir Juli 2024 dan ke PUJ dan DSP Plumpang pada awal Agustus 2024.

 

Target penyusunan program dekarbonisasi scope I dan scope II adalah di Agustus 2024 dan dilanjutkan dengan implementasi program mulai September 2024 diseluruh wilayah operasi.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas