Bersama TINS, Pertamina Lubricants Optimalkan Produksi dengan Kolaborasi Strategis

Rabu, 24 Jul 2024 | 59 views   25 likes


PANGKAL PINANG - PT Timah Tbk (“TINS”) terus menunjukkan komitmennya untuk mengoptimalkan produksi timah dengan cadangan yang masih mencapai 339.000 ton, cukup untuk menjaga produksi selama 15-20 tahun ke depan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ekonomi, TINS kini mengarahkan fokusnya pada ekstraksi kembali tailing yang sebelumnya dibuang. Hal ini menyebabkan perubahan peralatan dari kapal keruk menjadi kapal isap produksi (KIP). Saat ini, TINS memiliki 49 KIP dan 2 kapal cutter suction dredge (CSD), namun hanya 15 di antaranya yang beroperasi. Selain itu, TINS juga mengoperasikan 2 smelter di Bangka, 1 di Kundur, dan 1 di Cilegon dengan total kapasitas mencapai 75.000 ton per tahun.

 

Kondisi ini menimbulkan tantangan teknis pelumasan bagi tim Technical Services Pertamina Lubricants karena teknologi yang digunakan tidak memiliki benchmark dan manual book dari engine builder. Oleh karena itu, komunikasi intens antara PT Timah Tbk dan Pertamina Lubricants sangat diperlukan untuk menjalankan manajemen pelumasan yang optimal.

 

Dalam kunjungan ini, Pertamina Lubricants memberikan berbagai informasi mengenai dukungan yang bisa diberikan. Kadiv Procurement & Human Resource Togar MP Siagian, bersama Kadiv Engineering & Mine Support Muhamad Ihsan dari PT Timah Tbk, mendorong kolaborasi dengan ILMA untuk melakukan pembinaan teknis kepada tim engineering mereka. Selain itu, mereka juga memanfaatkan Oil Clinic untuk monitoring kondisi minyak dan jasa Technical Specialist untuk troubleshooting.

 

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan PT Timah Tbk dapat terus berinovasi dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam industri pertambangan timah di Indonesia. Dukungan teknis dan layanan dari Pertamina Lubricants akan menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas