Pertamina Lubricants Gelar RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 : Perjalanan Satu Dekade, Membuka Peluang Kelas Dunia

Kamis, 06 Jun 2024 | 238 views   34 likes


JAKARTA - Pertamina Lubricants telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Kamis, 6 Juni 2023 di Pertamax Tower, Grha Pertamina, Jakarta Pusat dengan tema “Perjalanan Satu Dekade, Membuka Peluang Kelas Dunia”.

 

Hadir dalam RUPST Pemegang Saham yakni PT Pertamina Patra Niaga diwakilkan oleh Riva Siahaan selaku Direktur Utama dan PT Pertamina Pedeve Indonesia yang diwakilkan oleh Ali Rohman selaku Proxy Pemegang Saham. Hadir pula seluruh jajaran Komisaris dan Direksi serta Corporate Secretary Pertamina Lubricants.

 

Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi mengatakan bahwa pada tahun 2023, Perusahaan berhasil melakukan beberapa terobosan baru untuk menjawab tantangan pasar. Perusahaan berhasil memperkenalkan produk Enduro Platinum; melakukan ekspansi pasar overseas mencakup Tiongkok, Jepang, dan Papua Nugini; hingga kemitraan strategis berskala global sebagai Official Technical Partner Lamborghini Squadra Corse dan official sponsor tim MotoGP VR46 Racing Team. Hingga saat ini, Pertamina lubricants berhasil menghadirkan produk di 14 negara di dunia.

 

Hal ini diapresiasi oleh Komisaris Utama Pertamina Lubricants, Budiarto Tedja. “Mewakili Dewan Komisaris, saya menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan upaya yang dilakukan manajemen untuk terus tumbuh di tengah tantangan ekonomi dan persaingan industri yang semakin ketat.”

 

Dari sisi performa, Pertamina Lubricants berhasil membukukan peningkatan penjualan finished product hingga 4,07% dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian besar ini setara dengan 1,8x di atas pertumbuhan pasar yang secara rata-rata hanya tumbuh 2,3%.

 

Hal tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan Perusahaan untuk membukukan capaian keuangan yang baik. Tercatat laba Perusahaan mencapai Rp1,61 triliun, meningkat 1,81% dari pencapaian tahun buku sebelumnya. Perusahaan juga meraih nilai “Sangat Baik” dalam penilaian terkait implementasi aspek-aspek good corporate governance (“GCG”).

 

Tidak hanya dari sisi keuangan, Perusahaan juga berupaya untuk terus berkontribusi memperkuat komitmennya dalam hal riset dan pengembangan produk, salah satunya dengan meresmikan Lubricants Technology Centre (LTC) sebagai pusat riset adan inovasi pelumas terbesar di Indonesia.

 

Perusahaan senantiasa hadir di masyarakat dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), khususnya melalui program creating shared value (CSV). Sepanjang tahun buku 2023, Perusahaan telah merealisasikan lebih dari Rp4,6 miliar pada beragam program CSV, mencakup diantaranya Enduro Student Program dan Pertamina Sahabat Nelayan. Hal ini dalam upaya berkontribusi tiga dari tujuh Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan sebagai shareholders menyampaikan, bahwa Perusahaan berada dalam jalur pertumbuhan yang tepat.

 

Pertamina Lubricants optimis bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang baik untuk mencapai target kinerja yang lebih baik lagi. “Kami mencanangkan melakukan transformasi digital untuk menopang pertumbuhan produksi, penjualan, dan capaian finansial di tahun 2024 untuk mencapai visi kami sebagai Asia’s champion di segmen pelumas dan specialty chemical,” tutup Werry.

 

“Sebagai salah satu Anak Usaha terbesar di bawah subholding Commercial & Trading, kami berharap Pertamina Lubricants dapat terus melakukan continuous improvement di semua proses bisnis, karena persaingan di industri pelumas saat ini semakin gencar sehingga inovasi saja tidak akan cukup untuk memenangkan pasar, harus ada kemampuan agility dan resilience dalam menghadapi tantangan maupun peluang,” ungkap Riva.

 

ia juga mendorong Perusahaan untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi antar anak perusahaan khususnya di lingkungan Pertamina Group. Hal ini tidak hanya untuk keberhasilan bersama tapi juga menjaring inovasi dan transfer knowledge lintas bisnis yang sehari-hari dilakukan.




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas