Kunjungan Nelayan Binaan Pertamina Patra Niaga Picu Pertukaran Ilmu

Senin, 13 May 2024 | 58 views   51 likes


CILACAP - Sekelompok nelayan binaan Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal (IT) Semarang melakukan kunjungan ke nelayan binaan Production Unit Cilacap, Koperasi Nelayan Mina Lumbung Jaya pada Senin, 8 Mei 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk studi banding dalam rangka pertukaran ilmu, pengalaman dan best practice untuk meningkatkan skill serta kesejahteraan nelayan.

 

Koperasi Nelayan Mina Lumbung Jaya merupakan koperasi binaan PUC yang beranggotakan para nelayan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung pengembangan usaha di sektor perikanan dan kelautan. Koperasi ini memiliki berbagai program dan kegiatan, seperti pemasaran hasil tangkapan, pengembangan usaha perikanan, serta pelatihan dan pendidikan bagi anggotanya. Salah satunya melalui program Pertamina Sahabat Nelayan dari Pertamina Lubricants. Dengan kolaborasi, koperasi ini berperan penting dalam meningkatkan pendapatan dan kemandirian ekonomi para nelayan yang menjadi anggotanya.

 

Kelompok nelayan yang mengunjungi berasal dari dua wilayah yang berbeda, yaitu wilayah timur dan barat, yang juga merupakan bagian dari binaan Pertamina Lubricants Sales region IV. Diantara mereka terdapat dua peserta yang terpilih pernah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung tahun lalu.

 

Salah satu bagian dari program Pertamina Sahabat Nelayan adalah mengembangkan bengkel agar tidak hanya melayani servis kapal, tetapi juga menerima servis perbaikan motor dan ganti oli. Hal ini merupakan langkah penting dalam diversifikasi usaha nelayan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kemandirian ekonomi mereka.

 

Kedatangan nelayan binaan Pertamina Patra Niaga ini juga sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan potensi ekonomi masyarakat pesisir. Dengan adanya diskusi antara kedua kelompok nelayan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan nelayan dan masyarakat sekitar di wilayah masing-masing.

 




Tag:
Bagikan:
Temukan Pelumas

Otomotif & Industri serta Produk yang Mendunia di sini

Produk Otomotif

Cari Oli

Produk Industri

Cari Pelumas

ProdukMancanegara

Cari Pelumas